• Jl. Raya Karya Makmur
  • 081224039350
  • office@karyamakmurbangka.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 Administrator

SEJARAH DESA

Di Indonesia Istilah Desa adalah pembagian wilayah administratif Di Indonesia di bawah Kecamatan yang dipimpin oleh seorang Kepala Desa.

Karya Makmur adalah salah satu Desa yang cukup maju dan berkembang di Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Pada awalnya Desa Karya Makmur adalah Desa yang Dimekarkan dari Wilayah Desa Air Ruai  pada tahun 1998 dan berdampingan langsung dengan ibukota Kabupaten Bangka dengan luas Wilayah ± 283,2 Ha, yang masyarakat terdiri dari berbagai macam tingkat pekerjaan namun masyarakat yang bekerja sebagian besar adalah karyawan di Perusahaan BUMN,PNS dan pedagang barang kelontong yang tingkat perekonomiannya cukup baik. Pada Waktu itu Karyawan Perusahaan BUMN Yaitu Karyawan PT Timah Merupakan Mayoritas utama mata pencaharian di Desa Karya Makmur. Karena pesatnya jumlah penduduk karena perpindahan Karyawan PT Timah yang menempati Perumahan Timah Desa Air Ruai maka sesuai dengan Keputusan Pemerintah pada Tahun 1998 Desa Air Ruai terbagi menjadi 2 Yaitu Desa Air Ruai Sendiri dan Desa Karya Makmur Berdasarkan Keputusan Kepala Daerah TK/SUMSEL.Nomor : 006.SK.III.1998.

Nama Karya Makmur sendiri diambil Karena Mayoritas Utama Mata pencaharian Di Desa Pada Waktu itu adalah Karyawan PT Timah bahkan sekomplek BTN merupakan permukiman untuk Karyawan PT Timah yang sedang Jaya dan maju. Para Karyawan Pt Timah bekarya di berbagai bidang di Perusahaan Tersebut seperti di Bengkel, Di kapal dan Di Kantor. Dari segi Finasial juga Karyawan PT Timah terbilang Makmur. Maka Dari itu dinamakan Desa Karya Makmur. Desa Yang Masyarakat yang bekarya dengan tekun sehingga kehidupannya menjadi Makmur. Dengan Harapan Juga Di masa masa mendatang Desa Karya Makmur tetap bekarya dan hidup penuh dengan kemakmuran.

Sebelum menjadi Desa Karya Makmur Pada Tahun 1998 Desa ini sudah masuk ke dalam Desa Persiapan dengan Pj (Sementara) Kadesnya adalah Bapak Zulkarnain yang sebelumnya merupakan Sekretaris Desa Air Ruai. Bapak Zulkarnain merupakan Kepala Desa Pertama Desa Karya Makmur dan menjabat selama 2 periode dari Tahun 1998 sampai dengan Tahun 2008. Selanjutnya diadakan pemilihan Kepala Desa diikuti oleh 3 kandidat. Bapak Kasman, Bapak Syahril dan Bapak Hamdani. Suara tertinggi diperoleh Bapak Kasman. Bapak Kasman menjabat sebagai Kepala Desa Karya Makmur selama satu periode Tahun 2009 – 2014. Masa jabatan Bapak Kasman berakhir Maret tahun 2014. Diadakan pemilihan Kepala Desa baru. Yang diikuti oleh 5 kandidat. Pak Kasman, Pak Sidi, Pak Yusni Tamrin, Pak Hamdani dan Pak Dahri Oskandar. Pak Yusni Tamrin memperoleh perolehan suara tertinggi sehingga menjabat sebagai Kepala Desa periode Tahun 2015 – 2021.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar