• Jl. Raya Karya Makmur
  • 081224039350
  • office@karyamakmurbangka.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka

Pemdes Karya Makmur dan BPN Sosialisasi Program PTSL

22 Februari 2020 Administrator Berita Desa

Pemerintah Desa Karya Makmur bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) di balai desa.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, BPD, Kadus, RT dan masyarakat Desa Karya Makmur.

Kepala Desa Karya Makmur Yusni Thamrin menjelaskan, sosialisasi dilakukan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan program PTSL.

"PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan," jelas Yusni, Sabtu (22/2).

Untuk itu, Yusni mengajak masyarakat Karya Makmur untuk dapat manfaatkan program PTSL ini. Sebab, melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

"Sudah ada 150 bidang tanah masyarakat yang dilakukan pengukuran. Nanti akan ada kegiatan lanjutan berupa pemasangan patok batas, surat tanah," ucapnya.

Sertifikat kepemilikan tanah sangat penting bagi siapa pun yang memiliki dan menguasai tanah tersebut. Sertifikat tanah juga menjadi bukti penguasaan sah atas hukum pertanahan.

Adapun persyaratan adalah fotocopy KTP, Kartu Keluarga, SPPT PBB tahun berjalan dan fotocopy surat riwayat tanah. Juga ada materai satu lembar dan mengisi formulir.

Untuk informasi lanjut, masyarakat dapat menghubungi para ketua RT sesuai dengan wilayah masing-masing.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar